Rabu, 27 Oktober 2021

RPP Kelas 3, Kamis 28 Oktober 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas                 : III

Tema                  : 4. Kewajiban dan Hakku

Sub Tema           : 2. Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Semester            : I (Ganjil)

Alokasi Waktu   : 120 menit


Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 

3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis. 

4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.


Matematika 

3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan. 

3.2 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.


SBdP 

3.3 Mengenal dinamika gerak tari. 

3.4 Menampilkan dinamika gerak tari.


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran berdasarkan teks berjudul “Kegiatan Saat Jam Istirahat” dengan tepat; peserta didik dapat membandingkan dua pecahan pada pembilang yang sama dengan benar; peserta didik dapat memeragakan gerakan kaki dalam suatu tari dengan percaya diri.



Kegiatan 1

Haiii,...

Assalamualaikum, selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️

Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.

Anak-anak, hari ini kita akan belajar membandingkan dua pecahan dengan pembilang sama.

Apakah kamu masih ingat dengan materi membandingkan pecahan? Bagus!

Untuk mengingatnya kembali, klik tautan berikut!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ogedfAhzEgY

Bagaimana, sudah lebih memahami mengenai membandingkan dua pecahankan?

Jika belum paham, kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.

Setelah menonton video, kerjakan soal latihan tentang membandingkan dua pecahan dengan pembilang sama menggunakan “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari).

Kerjakan di buku tulismu!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Selamat mengerjakan anak-anak hebat!



Kegiatan 2

Kalimat saranbiasanya menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, dan hendaknya. Untuk menyampaikan saran kepada orang lain, kita perlu mengetahui kallimat yang menunjukkan adanya masalah terlebih dahulu.Untuk mengetahui tentang kalimat saran dalam teks. Simak video berikut yuk!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=nkoYMT_ufYM

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan teks berjudul “Kegiatan Saat Jam Istirahat“!

1.Sebutkan kalimat yang menunjukkan masalah!

2.Sebutkan kalimat-kalimat yanng menunjukkan penyelesaian masalah!

3.Berikan saran terbaikmu untuk permasalahan tersebut!

Kerjakan di buku tulismu ya!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepadaBapak/Ibu guru.

Pada pembelajaran lalu, kalian sudah mengetahui beberapa latihan gerakan kaki. Gerak kaki dalam tari ada bermacam-macam seperti berjalan, jinjit, atau melompat.

Selanjutnya, kalianbuatlah satu rangkaian gerak kaki menjadi sebuah tarian sederhana kemudian peragakan gerakan kaki tersebutdenganpercaya diri sambil diiringi dengan lagu daerah kalian  masing-masing.

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memvideokanmu saat menari dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.

https://tinyurl.com/4pket39j

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpabesok!

#salamsehat

#PHBS




Lampiran Matematika

Kerjakan soal-soal berikut!

Bandingkan kedua pecahan berikut dengan memberi tanda “>“ (lebih besar dari) atau “<“ (lebih kecil dari).



Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar