SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 2. Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
3.2 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.
SBdP
3.3 Mengenal dinamika gerak tari.
3.4 Menampilkan dinamika gerak tari.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran berdasarkan teks berjudul “Kegiatan Saat Jam Istirahat” dengan tepat; peserta didik dapat membandingkan dua pecahan pada pembilang yang sama dengan benar; peserta didik dapat memeragakan gerakan kaki dalam suatu tari dengan percaya diri.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak, hari ini kita akan
belajar membandingkan dua pecahan dengan pembilang sama.
Apakah kamu masih ingat dengan
materi membandingkan pecahan? Bagus!
Untuk mengingatnya kembali, klik tautan berikut!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ogedfAhzEgY
Bagaimana, sudah lebih memahami
mengenai membandingkan dua pecahankan?
Jika belum paham, kalian bisa
bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.
Setelah menonton video,
kerjakan soal latihan tentang membandingkan dua pecahan dengan pembilang sama
menggunakan “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari).
Kerjakan di buku tulismu!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru.
Selamat mengerjakan anak-anak hebat!☺
Kegiatan 2
Kalimat saranbiasanya menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, dan hendaknya. Untuk menyampaikan saran kepada orang lain, kita perlu mengetahui kallimat yang menunjukkan adanya masalah terlebih dahulu.Untuk mengetahui tentang kalimat saran dalam teks. Simak video berikut yuk!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=nkoYMT_ufYM
Selanjutnya, jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan teks berjudul “Kegiatan Saat Jam
Istirahat“!
1.Sebutkan
kalimat yang menunjukkan masalah!
2.Sebutkan
kalimat-kalimat yanng menunjukkan penyelesaian masalah!
3.Berikan saran terbaikmu untuk permasalahan tersebut!
Kerjakan di buku tulismu ya!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepadaBapak/Ibu
guru.
Pada pembelajaran lalu, kalian
sudah mengetahui beberapa latihan gerakan kaki. Gerak kaki dalam tari ada
bermacam-macam seperti berjalan, jinjit, atau melompat.
Selanjutnya, kalianbuatlah satu rangkaian gerak kaki menjadi sebuah tarian sederhana kemudian peragakan gerakan kaki tersebutdenganpercaya diri sambil diiringi dengan lagu daerah kalian masing-masing.
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memvideokanmu saat menari dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu
guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai
jumpabesok!
#salamsehat
#PHBS
Lampiran Matematika
Kerjakan soal-soal berikut!
Bandingkan kedua pecahan berikut dengan memberi tanda “>“ (lebih besar dari) atau “<“ (lebih kecil dari).
0 comments:
Posting Komentar