SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 5 (Pahlawanku)
Sub Tema : 1 (Perjuangan Para Pahlawan)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
IPS
3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca teks nonfiksi, siswa dapat menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi dengan tepat.
Setelah menyaksikan video Maha Patih Gajah Mada, siswa dapat mengidentifikasi tokoh dan peninggalan Kerajaan Hindu-Budha (Kerajaan Majapahit) dengan tepat.
Kegiatan 1
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah belajar tokoh (Raja Purnawarman) dan peninggalan Kerajaan Hindu – Budha (Kerajaan Tarumanegara). Kali ini kita akan belajar tokoh Maha Patih Gajah Mada dan peninggalan Kerajaan Majapahit. Pada akhir masa Kerajaan Hindu-Budha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai kerajaan terbesar di Nusantara. Salah satu tokoh tersebut yaitu Maha Patih Gajah Mada, siapakah beliau? Mari kita cari tahu pada link video berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/KKFBjf4PGfw
Luar biasa sekali Maha Patih Gajah Mada ya?
Untuk mengukur pemahamanmu terhadap materi tersebut, silahkan kerjakan soal latihan pada link di bawah ini!
https://forms.gle/CcKXF1WC1PkCQJXr6
Setelah selesai, screenshot hasilnya dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak hebat, pertemuan sebelumnya Ananda telah belajar menggali informasi pada teks non fiksi, supaya lebih mahir Ananda akan belajar lagi materi tersebut! Silahkan kalian perhatikan penjelasan berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/5QvE6sDCHeM
Pemahaman terhadap isi bacaan sangat penting sekali untuk mengetahui informasi-informasi penting dari suatu bacaan.
Tugas hari ini, silahkan Ananda baca teks tentang “Candi Penataran” yang merupakan peninggalan kerajaan hindu pada link di bawah ini!
Kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Dimanakan letak Candi Penataran?
2. Apa latar belakang agama Candi Penataran?
3. Kapan pertama kali Candi Penataran ditemukan?
4. Siapakah yang menemukan Candi Penataran?
5. Apa nama asli Candi Penataran?
Berdasarkan jawaban dari pertanyaan tersebut, tuliskan kembali mengenai Candi Penataran menggunakan bahasamu sendiri dengan singkat.
Kerjakan di buku tulismu ya, jika sudah selesai foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “Informasi pada teks nonfiksi (Cerita Pangeran Diponegoro) dan latihan soal pembualatan panjang”.
Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/QmxCJzUc-VI
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar