SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 1. Kewajiban dan Hakku di Rumah
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
PPKn
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga
4.2 Menuliskan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
3.2 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kewajiban dan hak yang pernah dilakukan di rumah dengan tepat; peserta didik dapat menuliskan kalimat saran sederhana berdasarkan permasalahan yang ada dengan benar; peserta didik dapat menyelesaikan latihan soal yang berkaitan dengan pecahan sederhana dengan benar.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat.
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak, hari ini kita akan
mengetahui dan mempelajari apa saja kewajiban dan hak kita di rumah dan pecahan
sederhana.
Apakah kamu masih ingat dengan
materi pembelajaran tersebut?
Untuk mengingatnya kembali,
simak video berikut ya!
Apakah kamu sudah siap?
Semangat!!
Untuk mengetahui lebih lanjut
tentang materi tersebut, klik tautan di bawah ini ya!
Sumber : https://youtu.be/TpqlLs-UyN8
Bagaimana, sudah paham dengan
materi hari ini kan nak?
Jika belum paham, kalian bisa
bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.
Setelah menonton video, kalian
tuliskan kewajiban dan hak yang pernah kalian lakukan dan terima di rumah.
Kerjakan di buku tulismu!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru.
Selamat
mengerjakan anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Pada video di kegiatan 1, kita
sudah membahas mengenai kalimat saran. Kalimat saran berisi solusi terhadap
suatu masalah yang biasanya menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, dan
hendaknya.
Nah sekarang, simaklah
masalah-masalah berikut ini! (Terlampir). Sampaikan/tuliskan saranmu
pada buku tulismu menggunakan kosakata yang baik dan benar.
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu
guru.
Anak-anak apakah kalian masih
ingat dengan pecahan sederhana? Bagus!!
Untuk mengingatnya kembali, simak video berikut.
Sumber : https://youtu.be/WoJkgxYDW2I
Bagaimana nak, sudah paham kan
tentang membandingkan pecahan?
Selanjutnya kalian selesaikan
latihan soal di bawah ini sesuai dengan video dan kemampuan yang kalian miliki!
(Terlampir). Semangatt!!
Kerjakan di buku tulismu!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru ya.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya berkaitan dengan kalimatsaran, pecahan sederhana dan gerak kaki dalam tari.
Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!
#salamsehat
#PHBS
Lampiran Bahasa Indonesia
1. Lani ingin lantai rumahnya selalu bersih. Saat pulang sekolah ia melihat lantai rumahnya kotor. Saran apa yang dapat kamu berikan kepada Lani?
2. Edo ingin rumahnya rapi. Bibi selalu merapikan rumah Edo. Sudah satu minggu bibi pulang kampung. Rumah Edo tampak berantakan. Apa saranmu untuk Edo?
3. Dayu ingin kamarnya rapi. Ia tidak bisa merapikan kamarnya sendiri. Apa yang seharusnya Dayu lakukan?
4. Ibu Beni ingin meja makan di rumahnya bersih. Beni hampir selalu meninggalkan sisa makanan di meja. Apa yang seharusnya Beni lakukan?
5. Siti ingin rumah yang menyenangkan. Ia sedang bersedih. Ayah dan ibu Siti sedang menengok nenek di kampung. Bagaimana seharusnya Siti bersikap?
Lampiran Matematika
Kerjakan soal-soal berikut!
Tuliskan nilai pecahan dan bandingkan dengan menuliskan “lebih dari” atau “kurang dari”.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar