SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 4. (Sehat Itu Penting)
Sub Tema : 1 (Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Senin, 25 Oktober 2021
Kompetensi Dasar
IPA
3.4 Meenjelaskan organ peredaran darah dan fungsnya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran manusia
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia
PPKn
1.2 Menghargai hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Menuliskan contoh hak, kewajiban, dantanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat menunjukan perbedaan denyut nadi sebelum beraktivitas dan setelah beraktivitas dan dapat mengidentifikasi hak dan kewajiban anak di rumah dengan rasa ingin tahu dan percaya diri.
Kegiatan 1
Halo Ananda bagaimana kabar hari ini?
Semoga selalu sehat dan bahagia.
Ananda pastinya sudah membaca tautan link yang dikirimkan pada akhir pekan lalu, dan sudah mengetahui apa saja organ peredaran darah pada manusia. Di antaranya adalah jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Ananda pasti masih ingat jantung terdiri atas empat ruangan, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Dan tahukah Ananda denyut jantung seirama dengan denyut nadi, kita dapat mengetahui kecepatan denyut jantung (Detak jantung).
Pembuluh nadi terlihat jelas di bawah kulit pergelangan tangan dan leher. Oleh karena itu kita dapat mengukur denyut jantung kita sendiri dengan cara menekan pembuluh nadi di pergelangan tangan atau di leher. Untuk lebih jelasnya ayo amati dan simak vidio berikut!
Sumber : https://youtu.be/kglcFljPPmQ
Bagaimana videonya menarik sekali bukan? Pastinya sekarang Ananda sudah dapat mengukur denyut jantung sendiri.
Bagaimana videonya menarik sekali bukan? Pastinya sekarang Ananda sudah dapat mengukur denyut jantung sendiri.
Sekarang, Ayo mencoba, mengukur denyut nadi!
Tujuannya : mengamati perbedaan denyut nadi sebelum beraktivitas dan setelah beraktivitas.
Lakukanlah percobaan denyut nadi sebelum dan sesudah aktivitas bersama ayah/bunda atau saudaramu di rumah seperti pada Video!
Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang ada pada lampiran!
Videokan atau foto aktivitasmu! Kemudian laporkan hasil percobaanmu melalui voice note dan kirim ke WAG kelas atau Google Classroom!
Kegiatan 2
Terimakasih Ananda yang telah mengirimkan tugas pertamanya,
Ananda memang hebat!
Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah mempelajari hak dan kewajiban anak di rumah. Ingatlah bahwa hak dapat di peroleh setelah melakukan kewajiban.
Ayo ingat kembali arti kewajiban! Yaitu segala sesuatu yang harus dilaksanakan dan sebuah keharusan.
Seperti sekarang ini, kita mempunyai kewajiban menjaga kesehatan tubuh kita, salah satunya menjaga organ peredaran darah dengan makan makanan bergizi, olahraga teratur dan membersihkan lingkungan sekitar kita.
Lalu apa lagi ya kewajiban anak di rumah? Tentunya banyak sekali. Untuk mengetahui lebih banyak lagi kewajibankewajiban anak di rumah lainnya, ada baiknya Ananda menyimak kembali video pada tautan link berikut!
Sumber : https://youtu.be/5zPdTPzlIm8
Tugas Ananda sekarang adalah mengamati gambar kemudian Masukan keterangan gambar pada tabel yang sesuai pada lampiran!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu
https://pintarinah.blogspot.com/2021/10/contohinteraksi- sosial-dalam-kehidupan.html
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Lampiran
Kegiatan 1 ( IPA )
Ayo Mencoba
Tujuan : Mengamati perbedaan denyut nadi sebelum beraktifitas dan setelah beraktiftas.
Langkah kegiatan :
1.
2. Rabalah
nadi pada pergelangantangan temanmu, kemudian tekan nadi sampai terasa
denyutnya!
3. Hitunglah
denyut nadi selama satu menit, kemudian catat!
4. Mintalah
teman atau saudaramu melakukan gerakan fisik, misalnya lari ditempat atau
melompat-lompat selama satu menit!
5. Setelah
itu, hitung kembali denyut nadi teman atau saudaramu selama satu menit, dan
catat!
6. Apakah
ada perbedaan jumlah denyut nadi sebelum dan sesudah melakukan aktifitas fisik?
7. Mengapa
terjadi perbedaan pada denyut nadi sebelum dan setelah beraktifitas?
8. Apa
yang dapat kalian simpulkan dari kegiatan ini?
Lampiran 2
Kegiatan
2 (PPKn)
Perhatikan gambar berikut!
Gambar manakah yang termasuk
hak atau kewajiban anak di rumah?
0 comments:
Posting Komentar