Senin, 25 Oktober 2021

RPP Kelas 3, Selasa 26 Oktober 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : III

Tema              : 4. Kewajiban dan Hakku

Sub Tema       : 2. Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Semester        : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 

3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis. 

4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.


Matematika 

3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan. 

3.2 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.


SBdP 

3.3 Mengenal dinamika gerak tari. 

3.4 Menampilkan dinamika gerak tari


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat; peserta didik dapat membandingkan dua pecahan menggunakan tanda perbandingan dengan benar; peserta didik dapat memeragakan gerakan kaki menjadi gerak tari yang dinamis dan energi dengan semangat.



Kegiatan 1

Haiii,...

Assalamualaikum, selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️

Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.

Anak-anak, hari ini kita akan belajar membandingkan dua pecahan menggunakan tanda perbandingan.

Apakah kamu masih ingat dengan materi pembelajaran tersebut?

Untuk mengingatnya kembali, simak video berikut yuk!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Q8ubYLACdXU

Bagaimana,sudah lebih memahami mengenai membandingkan dua pecahankan?

Jika belum paham, kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.

Setelah menonton video, kerjakan soal latihan tentang membandingkan dua pecahan menggunakan tanda perbandingan “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari)

Kerjakan di buku tulismu!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untukmemfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Selamat mengerjakan anak-anak hebat!



Kegiatan 2

Kalimat saranadalah kalimat yang berisi pendapat untuk menyelesaikan suatu permasalahan.Kalimat saranbiasanya menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, dan hendaknya.Untuk mengetahui cara menuliskan kalimat saran saksikan video berikut!



Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=CjrZGoxHsZ0

Nah sekarang,perhatikan kalimat masalah yang telah disediakan. (Terlampir). Tuliskan saran-saranmu pada buku tulismu dengan menggunakan kosakata yang baik dan benar!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepadaBapak/Ibu guru.

Gerak merupakan unsur utama dalam tari. Gerakan pada tari biasanya menjadi simbol akan hal yang ingin diciptakan oleh penari atau pencipta tari.

Selanjutnya, kalian memeragakan gerakan yang dinamis dan energik sehingga menjadi gerakan tari. Lakukan gerakan tersebut sambil diiringi dengan lagu daerah kalian  masing-masing.

Lakukan dengan semangat dan percaya diri ya!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memvideokanmu saat menari dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.

https://tinyurl.com/waj73ws

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpabesok!

#salamsehat#PHBS


Lampiran Bahasa Indonesia

Bacalah pernyataan berikut! Tuliskan saran-saranmu!

1. Siti bertugas membaca puisi saat upacara Sumpah Pemuda. Ia belum tahu cara membaca puisi yang baik.

2. Udin ingin pandai tentang alam sekitar. Ia tidak memiliki banyak buku.

3. Lani ingin mengikuti lomba bulu tangkis. Raketnya rusak.

4. Edo ingin berhasil dalam belajar. Edo selalu sibuk dengan bermain.

5. Dayu mendapat kesempatan menari di depan tamu. Guru menari Dayu sedang sakit.





Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar