SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 2. Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
3.2 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.
SBdP
3.3 Mengenal dinamika gerak tari.
3.4 Menampilkan dinamika gerak tari
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat; peserta didik dapat membandingkan dua pecahan menggunakan tanda perbandingan dengan benar; peserta didik dapat memeragakan gerakan kaki menjadi gerak tari yang dinamis dan energi dengan semangat.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak, hari ini kita akan
belajar membandingkan dua pecahan menggunakan tanda perbandingan.
Apakah kamu masih ingat dengan
materi pembelajaran tersebut?
Untuk mengingatnya kembali, simak video berikut yuk!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Q8ubYLACdXU
Bagaimana,sudah lebih memahami
mengenai membandingkan dua pecahankan?
Jika belum paham, kalian bisa
bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.
Setelah menonton video,
kerjakan soal latihan tentang membandingkan dua pecahan menggunakan tanda
perbandingan “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari)
Kerjakan di buku tulismu!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untukmemfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru.
Selamat mengerjakan anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Kalimat saranadalah kalimat
yang berisi pendapat untuk menyelesaikan suatu permasalahan.Kalimat
saranbiasanya menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, dan hendaknya.Untuk
mengetahui cara menuliskan kalimat saran saksikan video berikut!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=CjrZGoxHsZ0
Nah sekarang,perhatikan kalimat
masalah yang telah disediakan. (Terlampir). Tuliskan saran-saranmu pada
buku tulismu dengan menggunakan kosakata yang baik dan benar!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepadaBapak/Ibu
guru.
Gerak merupakan unsur utama
dalam tari. Gerakan pada tari biasanya menjadi simbol akan hal yang ingin
diciptakan oleh penari atau pencipta tari.
Selanjutnya, kalian memeragakan
gerakan yang dinamis dan energik sehingga menjadi gerakan tari. Lakukan gerakan
tersebut sambil diiringi dengan lagu daerah kalian masing-masing.
Lakukan dengan semangat dan
percaya diri ya!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memvideokanmu saat menari dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu
guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai
jumpabesok!
#salamsehat#PHBS
Lampiran Bahasa Indonesia
Bacalah pernyataan berikut! Tuliskan saran-saranmu!
1. Siti bertugas membaca puisi saat upacara Sumpah Pemuda. Ia belum tahu cara membaca puisi yang baik.
2. Udin ingin pandai tentang alam sekitar. Ia tidak memiliki banyak buku.
3. Lani ingin mengikuti lomba bulu tangkis. Raketnya rusak.
4. Edo ingin berhasil dalam belajar. Edo selalu sibuk dengan bermain.
5. Dayu mendapat kesempatan menari di depan tamu. Guru menari Dayu sedang sakit.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar