Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat mengidentifikasi sistem peredaran darah burung dan menjelaskan tangga nada mayor dengan cermat dan teliti.
Kegiatan 1
Halo Ananda bagaimana kabar hari ini?
Semoga sehat dan bersemangat.
Kita masih bisa bernapas sampai hari ini. Tentu saja semua berkat karunia dari Tuhan Yang Mahakuasa. Mari untuk mensyukuri berkah kehidupan ini, kita berdoa kepadaNya agar senantiasa dijaga dan dilindungi. Begitupun kita harus senantiasa menjaga karunia yang diberikanNYA dengan memelihara organ peredaran darah dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, serta berpikiran positif.
Ananda, Pada minggu lalu kita telah mempelajari sistem peredaran darah pada beberapa jenis hewan. Ananda juga sudah membaca link yang telah dikirimkan. Ananda bisa pintar kalau rajin membaca.
Tahukah Ananda? bahwa setiap bulan Oktober, Indonesia merayakannya sebagai bulan bahasa Indonesia? Mengapa bulan Oktober, bukan bulan lainnya? Alasan bulan Oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan ini, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia.
Sekarang, ayo, ingat kembali! secara umum, sistem peredaran darah pada hewan dibagi dua bagian. Ada peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. Kali ini kita akan mempelajari tentang organ peredaran darah burung . Sekarang simak video pada tautan link berikut!
Sumber : https://youtu.be/yOG7aEs9Foo
Bagaimana videonya, menarik bukan? Sekarang Ananda telah mengetahui sistem peredaran darah, organ dan fungsinya pada burung.
Tugas Ananda selanjutnya adalah :
1. Sebutkan organ peredaran darah pada burung!
2. Jelaskan masing-masing fungsi organ peredaran darah pada burung!
Kerjakan di buku tugas! Setelah selesai, kirimkan jawaban ke WAG Kelas!
Kegiatan 2
Terimakasih Ananda yang telah mengirimkan tugas pertamanya. Kalian memang hebat!
Pembelajaran selanjutnya, kita akan praktik menyanyikan lagu bertangga nada mayor. Untuk lebih memahami lagi sebaiknya Ananda mengetahui perbedaan ciri tangga nada diatonis mayor dan minor, yuk, ada baiknya kita tonton video pada tautan berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/R_pS5BnvU8o
Bagaiamana videonya, menarik bukan? Karena pada kali ini kita akan mempelajari tangga nada mayor. Ayo, ingat kembali ciri-ciri tangga nada mayor bersifat riang gembira dan bersemangat.
Ananda, ada berbagai macam tema lagu yang dapat dinyanyikan dengan tangga nada mayor. Sekarang, Tugas ananda adalah “Menyanyikan lagu yang bertangga nada diatonis mayor” dengan memilih salah satu contoh judul lagu yang ada di akhir video. Lebih bagus lagi jika kalian bisa menyanyikannya dengan diiringi alat musik sederhana seperti pianika ataupun seruling bersama anggota keluarga. Atau kalian dapat memanfaatkan benda benda yang ada di rumah sebagai alat musik pengiring. Wah...pasti seru ya!
Kirim tugas dalam bentuk video ke WAG kelas!
Jangan lupa screen shoot poto atau video saat Ananda melakukan kegiatan, kirimkan dalam bentuk poto atau video ke WAG kelas.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anakanak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu
https://pintarinah.blogspot.com/2021/10/interaksi-sosial.html
Persiapkan diri kalian, ya. Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar