SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 5. Wirausaha
Sub Tema : 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
IPA
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan seharihari.
4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat magnet ; Menjelaskan sikap yang harus dilakukan dalam berwirausaha
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat Pagi anak-anak cerdas. Apa khabar Ananda semua? Semoga Ananda semua senantiasa sehat ya. Tetaplah rajin dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Ingatlah, kesuksesan akan dicapai jika kalian terus berusaha dan bekerja keras untuk meraihnya.
Anak cerdas, pernahkah kamu bermain dengan menggunakan magnet? Apa yang terjadi ketika magnet didekatkan dengan benda-benda yang terbuat dari logam besi?. Tentunya benda-benda tersebut akan menempel pada magnet.
Seperti yang sudah disampaikan pada pembelajaran sebelumnya, bahwa magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik benda-benda tertentu. Kemampuan untuk menarik benda-benda tertentu yang umumnya terbuat dari logam misalnya besi, kobal, nikel, dan lain-lain tersebut merupakan salah satu sifat yang dimiliki magnet.
Apa saja sifat-sifat magnet yang bisa kita pelajari? Untuk lebih mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak pembahasannya pada link video berikut ini :
Sumber : https://youtu.be/KItYA_-VsDs
Bagaimana anak cerdas Setelah menyimak video di atas? Ananda tentunya sudah lebih memahami materi tentang sifat-sifat magnet. Sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal berikut ini!
1. Sebutkan perbedaan antara benda magnetis dan non magnetis
2. Sebutkan apa yang terjadi jika kedua kutub yang sama pada magnet didekatkan!. Apa pula yang terjadi jika kedua kutub yang berbeda pada magnet saling didekatkan?
3. Berilah contoh bahwa salah satu sifat magnet adalah dapat menembus benda penghalang!
4. Jelaskan bagaimana jarak dapat mempengaruhi kekuatan gaya magnet !
Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.
Kami sampaikan terima kasih untuk Ananda yang mengerjakan tugas tepat waktu serta ucapan terimakasih kepada Ayah/Bunda yang membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak cerdas, Setiap orang yang menjalankan kegiatan wirausaha tentu ingin mengembangkan usahanya lebih maju. Namun seringkali mereka dihadapkan dengan rintangan yang dapat mengancam keberlangsungan usahanya. Untuk tetap bisa bertahan dalam dunia wirausaha, kerja keras merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam berwirausaha.
Seorang wirausahawan harus memiliki sikap Kerja keras dan pantang menyerah dalam menjalankan usahanya.
Apa saja sikap-sikap positif yang lainnya yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya agar kesuksesan bisa tercapai?. Untuk mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak penjelasannya pada link video berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://youtu.be/ZQf6ySWPA0w
Bagaimana penjelasan pada video tersebut, menarik bukan?
Selanjutnya sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal yang berada pada bagian akhir tayangan video tersebut. Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya.
Anak-anak cerdas pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu materi Muatan Pelajaran IPS Kerjasama ASEAN di Bidang Politik. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=6XENdan1vR8&t=53s
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar