SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : IV
Tema : 5. Pahlawanku
Sub Tema : 1. Perjuangan Para Pahlawan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
PPKn
1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat menuliskan nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan mandiri. Dengan membaca, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri dengan penuh tanggung jawab.
Kegiatan 1
Anak-anak
hebat, kali ini kita akan belajar menuliskan informasi yang terdapat pada
sebuah teks nonfiksi.
Tahukah
kamu apa itu teks nonfiksi?
Teks nonfiksi adalah sebuah karangan atau teks yang dibuat
berdasarkan fakta.Misalnya:buku
tentang ilmu pengetahuan, kisah sejarah, biografi, dan masih banyak lagi.
Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menuliskan informasi yang terdapat pada teks nonfiksi yaitu dengan menjawab pertanyaan. Nah Anak-anak hebat, sekarang kita baca bersama teks tentang Raja Balaputradewa berikut ini yuk!
Selanjutnyacoba kalian tuliskan informasi yang terdapat pada bacaan tersebut denganmenjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
Kerjakanlah pada buku
tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu
guru!
Kegiatan 2
Balaputradewa
berjuang membangun armada laut dan menjadikan Sriwijaya kerajaan yang
makmur.Banyak hal-hal yang dapat kita petik dari perjuangannya.
Berdasarkan
perjuangan Balaputradewa, tulislah sikap-sikap yang sesuai dengan sila keempat
Pancasila! Jelaskan pula alasanmu!
Selanjutnya,
jawablah soal-soal berikut ini!
1.Bagaimana
dengan daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah hal-hal baik yang bisa kamu
contoh dari tokoh tersebut!
2.Bagaimana
denganmu? Apakah kalian sudah mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari?
3.Sikapku
yang sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah ....
4.Sikapku
yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah ....
5.Rencana
perbaikan yang harus aku lakukan adalah ....
Kerjakanlah
pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada
bapak/ibu guru ya!
Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentangTeks Nonfiksi dan Patih Gajah Mada. Berikut link materinya:
Sumber : https://youtu.be/KKFBjf4PGfw
Pelajari
dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar