Senin, 11 Oktober 2021

RPP Kelas 4, Selasa 12 Oktober 2021


 

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video penjelasan mengenai pesan moral cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi pesan moral yang ada pada teks fiksi dengan tepat. Setelah memperhatikan video praktek menanam, siswa dapat mempraktikkan menanam tanaman sebagai upaya pelestarian sumber daya alam yang dapat diperbaharui di lingkungan sekitar dengan benar.


Kegiatan 1

Anak hebat, dalam sebuah teks fiksi terkandung amanat atau nilai moral yang ingin disampaikan oleh pengarang. Amanat atau nilai moral ini bisa secara tersirat bisa juga tersurat. Supaya memahami amanat atau nilai moral dalam suatu cerita, kita harus membaca cerita tersebut secara keseluruhan. Silahkan kalian perhatikan penjelasan mengenai amanat atau nilai moral dalam cerita pada link berikut ini!


Sumber : https://youtu.be/I-RmZMyjQfc

Anak hebat pertemuan sebelumnya kalian pernah membaca teks berjudul “Taman Bermain yang Hilang” atau bisa juga kalian baca lagi di buku tema 4 subtema 1 pembelajaran 1, atau bisa juga kalian baca pada link bacaan berikut ini!

https://tinyurl.com/44stkze8

Tugas kalian hari ini yaitu:

1. Tuliskan pesan moral dari cerita tersebut!

2. Apakah pada cerita “Taman Bermain yang Hilang” kamu menemukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang tidak baik? Tuliskan pada kolom di bawah ini!


Kerjakan di buku tulismu, foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Selamat mengerjakan!


Kegiatan 2

Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita sering membahas upaya pelestarian sumber daya alam. Kali ini kita akan praktik upaya pelestarian sumber daya alam yang dapat diperbaharui di sekitar lingkungan. Hari ini kita akan praktik menanam tumbuhan ya!

Sebelumnya silahkan kalian perhatikan video penjelasan pada link di bawah ini ya!


Sumber : https://youtu.be/mt7VlMbQBIk

Anak hebat cukup mudah sekali kegiatan hari ini ya!

Tugas hari ini silahkan kalian praktikkan kegiatan menanam tanaman di sekitar lingkunganmu dengan memperhatikan laporan kegiatan yang ada pada lampiran ya! Setelah selesai kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Sampai disini pembelajaran hari ini, besok kita masih belajar lagi ya! Materi selanjutnya yaitu: unsur-unsur dalam cerita. Silahkan ananda pelajari terlebih dahulu materinya pada link di bawah ini!


Sumber : https://youtu.be/tILHabonSus

Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bundamu yang telah mendampingi belajar dari rumah hari ini!

Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca do‘a sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok ya!

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.



Penilaian Keterampilan

Laporan Kegiatan Percobaan

Nama kegiatan : Praktik menanam tanaman di lingkungan sekitar

Tujuan kegiatan : Siswa dapat melestarikan tanaman di sekitar lingkungannya

Alat dan bahan : tanaman kecil, pot bunga, dan media tanam

Langkah kegiatan:

1. Siapkan tanaman yang akan di tanam boleh bunga atau tanaman yang lainnya.

2. Tanamlah tanaman yang telah disediakan ke dalam pot yang sudah diisi media tanam.

3. Siramlah tanaman tersebut secara teratur dan berilah pupuk jika diperlukan.

4. Bersihkan tanaman dari gulma jika ada.

5. Amati pertumbuhan tanamanmu setiap hari.

Tugas : paktikkan kegiatan menanam tanaman dan kirimkan ke Bapak/Ibu guru dalam bentuk video atau foto, dan jawablah pertanyaan di bawah ini dan tuliskan di buku tulismu setelah selesai kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Pertanyaan:

1. Apakah tanaman termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui? Mengapa?

2. Apa manfaat tanaman bagi lingkungan sekitar?

3. Bagaimana cara melestarikan tanaman di lingkungan sekitarmu?

Selamat mengerjakan!



Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


0 comments:

Posting Komentar