SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 3 (Pekerjaan Orang Tuaku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.5 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.
IPA
3.7 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.7 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan dongeng “Semut dan Belalang”, siswa dapat mengidentifikasi pesan moral yang ada pada dongeng dengan tepat. Melalui membuat kerajinan dari barang bekas, siswa dapat melakukan kegiatan dalam upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam dengan tepat.
Kegiatan 1
Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas materi tentang penokohon dan pesan moral dalam suatu teks fiksi. Kali ini kita akan belajar mengidentifikasi tokoh dan pesan moral melalui media audio visual ya!
Silahkan perhatikan dongeng “Semut dan Belalang” pada link di bawah ini!
Anak hebat, menarik sekali cerita tersebut ya! Tentunya cerita tersebut banyak mengandung pesan moral yang patut kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah menyaksikan tayangan dongeng tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa pendapatmu tentang watak semut?
2. Apa pendapatmu tentang watak belalang?
3. Apa pesan moral dari dari dongeng “Semut dan Belalang”?
Kerjakan di buku tulismu dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah membahas pentingnya mengolah sampah dalam upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam. Mengubah sampah menjadi bahan kerajinan yang bermanfaat bagi kita merupakan salah satu cara menjaga keseimbangan sumber daya alam. Kali ini Ananda akan praktek mengolah sampah dari botol plastik menjadi tempat pensil. Bagaimana caranya? Simak video tutorial berikut in!
Sumber : https://youtu.be/XzDpM3tW74Q
Tugas kali ini silahkan Ananda membuat tempat pensil dari barang bekas. Kerjakan tugas tersebut dengan kreativitas masing-masing!
Setelah selesai, berswafotolah bersama hasil karyamu dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Sampai di sini pembelajaran hari ini, besok akan ada penilaian harian tema 4 dan penilaian harian matematika. Silahkan Ananda pelajari terlebih dahulu materinya .
Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bundamu yang telah mendampingi belajar dari rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca do‘a sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok ya!
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar