SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : IV
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 3. Pekerjaan Orang Tuaku
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
PPKN
1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.5 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.
Matematika
3.2 Menjelaskan dan menentukan faktor, faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan, kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor, faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan, kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
IPA
3.7 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.7 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
IPS
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
SBdP
3.1 Mengenali karakteristik gambar dan bentuk tiga dimensi
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengidentifikasi makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila. Peserta didik dapat mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK. Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya upaya dan pelestarian sumber daya alam. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis kegiatan ekonomi di sekitar. Peserta didik dapat mengenali karakteristik gambar dan bentuk tiga dimensi.
Kegiatan 1
Anak-anak
hebat, tidak terasa kita sudah berada di akhir pembelajaran Tema 4. Kita dapat
mengambil pelajaran penting dari hal-hal yang telah kita pelajari dan
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga ilmu yang kita dapatkan
dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan.
Selanjutnya,
untuk mengetahui lebih lanjut tentang penguasaan dan pemahamanmu tentang
pembelajaran yang telah kita lakukan, ayo kita kerjakan soal-soal
penilaianharian berikut ini!
PPKn:
Bahasa Indonesia:
IPA:
IPS:
SBdP:
Screenshoot skornya, kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru ya.
Kegiatan 2
Anak-anak
hebat, kita juga sudah menyelesaikan materi tentang Kelipatan Persekutuan
Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar. Nah kali ini, kita akan melakukan
penilaian harian matematika tentang KPK dan FPB.
Mari
kita kerjakan soal-soalnya pada tautan berikut ini!
https://forms.gle/eZbBY8fuyyJMu9oy6
Bagaimana
hasilnya? Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi? Hebat!
Apabila
kamu belum mencapai skor yang tinggi, jangan berkecil hati. Pelajari kembali
materi-materinya dan terus berlatih!
Kalau
sudah selesai screenshoot skor perolehanmu dan kirimkan hasilnya kepada
bapak/ibu guru ya!
Anak-anak,pembelajaran
hari ini telah usai.Senin kita akan masuk ke Tema 5: Pahlawanku.Untuk
pembelajaran yang pertama kita akan belajar tentangsifat cahaya dan sikap
kepahlawanan Raja Purnawarman, berikutlinkmaterinya:
Sumber : https://youtu.be/WgZ683s4Dv0
Pelajari
dulu ya, sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada
pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar