Minggu, 24 Oktober 2021

RPP Kelas 4, Senin 25 Oktober 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : 4 (Empat)

Tema             : 5 (Pahlawanku)

Sub Tema      : 1 (Perjuangan Para Pahlawan)

Semester       : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

IPA 

3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan. 

4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.


IPS 

3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. 

4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.


Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan percobaan mengenai sifat-sifat cahaya, siswa dapat menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya dengan tepat.

Setelah menyajikan tayangan mengenai sikap kepahlawanan Raja Purnawarman, siswa dapat mengidentifikasi sikap kepahlawanan Raja Purnawarman serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat dengan tepat.


Kegiatan 1

Anak hebat, hari ini kita sudah masuk di tema 5 ya.

Anak hebat, pernahkah Ananda memperhatikan cahaya. Cahaya memiliki sifat – sifat tersendiri. Kali ini kita akan belajar sifat-sifat cahaya. Cahaya memiliki sifat antara lain: cahaya dapat merambat lurus, cahaya menembus benda bening, cahaya dapat dipantulkan, dan cahaya dapat dibiaskan. Untuk membuktikannya mari kita lakukan kegiatan percobaan. Sebelumnya mari kita perhatikan materi pada link berikut ini, bisa juga kalian lihat di buku tema 5 halaman 7-8!


Sumber : https://youtu.be/q24Ta24QQSU

Anak hebat, menarik sekali percobaanya ya!

Tugas kalian hari ini lakukanlah percobaan untuk membuktikaan sifat-sifat cahaya, yaitu:

1. Cahaya dapat merambat lurus

2. Cahaya dapat menembus benda bening

3. Cahaya dapat dipantulkan

4. Cahaya dapat dibiaskan

Gunakanlah alat-alat yang ada di rumahmu!

Selanjutnya buatlah laporan kegiatan percobaan sifat-sifat cahaya seperti yang ada pada lampiran di bawah ini!

Setelah selesai kirimkan video/foto kegiatan percobaanmu dan kirimkan juga foto laporan kegiatan percobaanya ke Bapak/Ibu Guru!

Selamat mengerjakan!


Kegiatan 2

Anak hebat, kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi Indonesia Merdeka. Pahlawan tidak hanya mereka yang berperang di medan tempur, tapi kita juga bisa menjadi pahlawan untuk diri sendiri dan orang di sekeliling kita. Contohnya ketika kita menolong orang yang membutuhkan, menjenguk teman yang sakit, dan perjuangan kita untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Sebelum Indonesia ada, dahulu ada zaman kerajaan seperti kerajaan Hindu, Budha, dan Islam. Kali ini kita akan mempelajari sikap kepahlawanan Raja Purnawarman dari salah satu kerajaan hindu di Indonesia yaitu Kerajaan Tarumanegara. Ananda bisa menyimaknya pada link video berikut! Bisa juga membuka buku tema 5 halaman 2-3!


Sumber : https://youtu.be/4R-jdP70PBY

Anak hebat, menarik sekali ya!

Selanjutnya, setelah memperhatikan tayangan tersebut silahkan jawab pertanyaan di bawah ini!

1. Tuliskan perjuangan-perjuangan apa saja yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!

2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!

3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman?

4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?

Kerjakan di buku tulismu ya, jika sudah selesai foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “makna sila keempat pancasila dan tempo dan nada”.

Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!


Sumber : https://youtu.be/KUt-x25azNU

Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!


Lampiran


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar