Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menyajikan informasi dari teks berjudul “Udin Ingin Memelihara Kucing” dalam bentuk peta pikiran dengan tepat; peserta didik dapat menyelesaikan soal konversi antarsatuan berat baku dengan benar; peserta didik dapat membuat karya dekoratif benda yang ada di sekitar menggunakan bentuk dan warna dengan kreatif.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Hari ini kita akan belajar
tentang konversi satuan berat
Apakah kamu sudah membaca
materi tersebut?Hebat!
Sekarang, saksikan video berikut yuk!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kE5DnSfEo_U
Bagaimana,sudah paham kan
dengan konversi satuan berat?
Jika belum paham, kalian bisa
bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumahya.
Selanjutnya, kerjakan soal
tentang konversi satuan berat yang telah disediakan (Terlampir).
Pada pembelajaran lalu, kamu
sudah mengetahuiunsur utama yang harus dimiliki oleh sebuah gambar dekoratif
yaitugaris dan warna.
Nah sekarang, amatilah
benda-benda yang ada disekitarmu!
Buatlah gambar dekoratif bentuk
benda yang ada disekitarmu dengan kreatifitasmu! Kemudian warnailah gambarmu
denganperpaduan warna yang indah!
Kemudian minta tolong kepada
ayah/bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru!
Selamat berkarya anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Pada pembelajaran lalu kalian
sudah bermain peran melakukan wawancara bersama anggota keluarga di rumah.
Apakah kamu masih mengingat isi wawancara tersebut?
Untuk mengingatnya kembali,
kamu dapat membaca teks wawancara tersebut pada bagian lampiran ya!(Terlampir).
Setelah
mempraktikkanwawancara,kamu dapat menuliskan hasil wawancara tersebut dalam
bentuk peta pikiran. Peta pikiran adalah informasi penting yang dapat
dituliskan dalam bentuk diagram.
Selanajutnya, kamu tuliskan cara merawat kucing berdasarkan
teks Udin Ingin Memelihara Kucingdalam peta pikiran berikut!
Kerjakan di buku tulismu ya!
Jangan lupa untuk memfoto dan
mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat pembelajaran
hari ini sudah selesai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan
belajar lebih seru lagi. Kalian bisa membaca materi tersebut pada tautan di
bawah ini.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai jumpa pada
pembelajaran selanjutnya!
#salamsehat
Lampiran Bahasa Indonesia
Udin Ingin Memelihara Kucing
Udin ingin menanyakan cara merawat kucing kepada ayahnya. Saat bersantai di ruang keluarga. Udin bertanya cara merawat kucing kepada ayahnya.
Udin : Yah, Udin ingin memelihara kucing.
Ayah : Boleh, Nak. Bagus Udin mau memelihara hewan. Namun, Udin harus bisa merawatnya.
Udin : Bagaiman cara merawat kucing, Yah ?
Ayah : Berilah makanan secara teratur. Udin sebaiknya memberi makan pagi, siang, dan sore. Jangan lupa sediakan minum untuk kucing.
Udin : Makanannya apa saja , Yah? Kalau minum air putih saja, kan Yah?
Ayah : Makanan kucing bisa berupa makanan kering yang bisa dibeli di toko hewan peliharan atau dikenal petshop. Kalau minum, iya berikan air putih bersih.
Udin : Terima kasih, Yah. Udin pasti bisa kalau memberi makan kucing dengan teratur.
Ayah : Jangan lupa untuk merawat kebersihan kucing. Udin bisa memandikan kucing seminggu sekali. Gunakan sampo khusus kucing dan air bersih. Untuk buang air besar kucing, sediakan bak berisi pasir. Kucing biasanya akan buang air besar di situ. Udin harus rajin membuangnya.
Udin : Begitu ya Yah? Udin bisa melakukannya tidak , ya?
Ayah : Jangan khawatir, Udin. Ayah pasti akan membantumu. Ayah juga akan membantu Udin membawa kucing ke dokter hewan untuk vaksinasi agar kucing Udin terhindar dari penyakit. Jika sehat, kucing akan tumbuh dengan baik.
Udin : Terima kasih Ayah mau membantu Udin. Senang rasanya memelihara kucing.
Lampiran Matematika
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar