Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca teks, peserta didik dapat menganalisis pengaruh aktivitas nelayan tradisional dan nelayan modern terhadap keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan penuh tanggung jawab.
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi mengenai kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang/jasa di sekitar tempat tinggalnya dengan kerja keras.
Kegiatan 1
Anak-anak
hebat, salah satu pekerjaan yang banyak terdapat di pesisir pantai adalah
nelayan. Nelayan merupakan sebutan bagi orang-orang yang sehari-harinya bekerja
menangkap ikan atau biota lainnya yang ada di laut. Tentunya dalam menangkap
ikan, nelayan juga harus memperhatikan kelestarian sumber daya alam yang ada.
Sekarang, mari kita baca teks tentang nelayan pada tautan berikut ini!
Nah
Anak-anak hebat, kalian sudah mengetahui bahwa ada nelayan yang menangkap ikan
dengan cara tradisional dan ada juga nelayan yang menangkap ikan dengan
peralatan modern.
Selanjutnya,
jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.Apa
yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?
2.Apa
yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?
3.Tulislah persamaan dan perbedaaan dari nelayan modern dan tradisionaldalam diagram Venn berikut!
4.Setujukah
kamu dengan penangkapan ikan menggunakan pukat harimau dan bom ikan? Menurutmu
apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayanmenggunakannya untuk menangkap
ikan di laut?
5.Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarianekosistem tetap terjaga? Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2
Kegiatan yang dilakukan nelayan merupakan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Adapun barang yang dihasilkan berupa ikan-ikan hasil tangkapannya. Selain menghasilkan barang, ada juga jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan. Ayokita pelajari lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/FzMiNPX8_Ug
Anak-anak
hebat, amatilah berbagai pekerjaan yang kamu temukan di lingkunganmu,
identifikasilah aktivitas dan hasil dari pekerjaan tersebut! Tuliskanlah pada
tabel berikut ini!
Kerjakanlah
pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru
ya!
Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang makna sila keduapancasila dan FPB, berikut link materinya:
Sumber : https://youtu.be/rIDBxBNpNoE
Pelajari
dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada
pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar