SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 5. Wirausaha
Sub Tema : 2 (Usaha di Sekitarku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.).
4.5 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
3.1 Memahami reklame
4.1 Membuat reklame
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menjelaskan pengertian riwayat hidup; membuat daftar riwayat hidup; dan membuat reklame jenis stiker produk dengan tepat.
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.
Ananda yang hebat, pada pembelajaran sebelumnya, kalian telah mempelajari petunjuk pengisian formulir. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tentang daftar riwayat hidup. Adakah diantara kalian yang mengetahui pengertian daftar riwayat hidup? Daftar Riwayat hidup adalah tulisan yang berisi informasi diri, meliputi identitas diri dan pengalaman atau kegiatan yang telah dilakukan seseorang.
Daftar riwayat hidup digunakan untuk mendaftar sekolah, melamar pekerjaan atau menjadi anggota organisasi. Oleh karena itu, data yang terdapat di formulir riwayat hidup dapat berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan pemakaiannya.
Hal-hal apa saja yang harus Ananda perhatikan dalam menulis daftar riwayat hidup? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=RpYbHmZ3LhQ
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tadi? Semoga setelah menyaksikan video, Ananda lebih memahami tentang daftar riwayat hidup.
Sebagai evaluasi, Kerjakan Latihan soal yang terdapat pada lampiran di halaman berikutnya. Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu guru.
Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Kegiatan 2
Ananda yang hebat, apa saja jenis-jenis usaha yang ada di sekitarmu? Iya, banyak sekali ya. Ada usaha yang bergerak di bidang jasa seperti tukang cukur, penjahit dan sebagainya. Ada juga yang bergerak di bidang produksi seperti produsen tempe, kecap dan masih banyak lagi.
Anak-anak cerdas, untuk memperkenalkan produk dan jasa tersebut, seorang wirausahawan dapat mempromosikan produknya dengan berbagai cara, salah satunya melalui reklame jenis stiker. Tahukah Ananda apa yang dimaksud reklame stiker? Iya betul! Reklame stiker adalah salah satu jenis reklame berbentuk lembaran lepas yang ditempelkan, dipasang atau digantungkan pada suatu produk. Keunggulan dari reklame jenis stiker ini praktis dan tidak mudah lepas.
Bagaimana cara membuat reklame jenis stiker? Untuk mendalaminya, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Sebagai evaluasi, Buatlah reklame jenis stiker yang mempromosikan suatu produk makanan dan tempelkan stiker tersebut pada salah satu produk makanan yang ada di rumahmu! Apabila Ananda tidak memiliki kertas berstiker, buatlah pada kertas gambar atau HVS dan gunakanlah lem untuk menempelkannya. Warnai stikermu semenarik mungkin ya. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Namun jangan lupa, hari Kamis, kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu " Tanggung Jawab Pemilik Wirausaha". Silakan Ananda pelajari terlebih dahulu pada link berikut :
Sumber : https://youtu.be/rFEAaXMrnlI
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, Wassalamu’alaikum, wr,wb.
Lampiran soal
Muatan pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Daftar Riwayat Hidup
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup?
2. Mengapa data yang tercantum dalam daftar riwayat hidup berbeda-beda?
3. Amatilah kedua daftar riwayat hidup berikut!
Identifikasilah kedua daftar Riwayat hidup tersebut berdasarkan bentuknya! Jelaskan alasanmu!
4. Fahri ingin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Ia harus mengisi daftar riwayat hidup berupa data diri, hobi dan prestasi yang pernah diraih. Data yang diisikan sebagai berikut:
1. Fahri Adhyasta
2. Bandung, 21 Mei 2009
3. Jalan Sukamaju, Tasikmalaya
4. TK Kasih Ibu
5. SD Bintang Semesta
6. Membaca
7. Juara 2 Lomba PBS Siaga tingkat Kota
Buatlah daftar riwayat hidup Fahri sesuai dengan data tersebut!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar