Rabu, 03 November 2021

RPP Kelas 5, 4 November 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : 5 (Lima)

Tema             : 5 (Ekosistem)

Sub Tema      : 1 (Komponen ekosistem)

Semester       : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit

Hari/ tanggal  : Kamis, 4 November 2021


Kompetensi Dasar

IPA

3.5 Menganalisi hubungan antar ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungn sekitar

4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem


IPS

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menyebutkan ekosistem alami dan buatan dengan tepat serta dapat menyebutkan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan di rumah dengan tepat.


Kegiatan 1

Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat.

Ananda memulai kegiatan belajar hari ini dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dulu, ya!

Ananda tentunya sudah membaca tentang ekosistem pada link yang sudah diberikan kemarin.

Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas. Pada dasarnya, ekosistem yang ada di dunia dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.

Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin. Ekosistem darat terdiri atas ekosistem hutan, padang rumput, padang pasir, tundra, dan taiga. Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan merupakan contoh ekosistem buatan.

Mari kita simak video pada tautan berikut ini untuk lebih jelasnya!


Sumber : https://youtu.be/lCM9xVHKotE

Tugas Ananda hari ini adalah menjawab pertanyaan berikut!

1. Berilah masing-masing 3 contoh ekosistem alami dan ekosistem buatan!

2. Mengapa manusia perlu menjaga keseimbangan ekosistem?

Setelah selesai kirim hasil pekerjaan berupa foto dan mengunggah pada WAG kelas atau classroom!



Kegiatan 2

Terimakasih Ananda telah mengirimkan tugas pertamanya, kalian memang hebat!

Ananda, dalam ekosistem terdapat makhluk hidup dan tak hidup. Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan dan tumbuhan. Hewan, tumbuhan dan lingkungan saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem.

Manusia juga berinteraksi dengan lingkungan, Manusia memerlukan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Interaksi ini adalah hubungan timbal balik manusia dengan lingkungan.

Mari kita simak video pada tautan link berikut ini untuk lebih jelasnya!


Sumber : https://youtu.be/WBv_an6vCH8

Selanjutnya tugas Ananda adalah:

1. Amatilah lingkungan rumahmu, kemudian sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana!

2. Apa pengaruh dari kegiatan tersebut terhadap lingkungan alam?

Setelah selesai kirim tugas dalam bentuk foto lalu kirim ke WAG kelas ataupun classroom!

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi hari kamis yaitu

https://drive.google.com/file/d/1os0XJ7cnvqs3Vwyui7-yQbKr3-KDbbmp/view?usp=sharing

Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar