Selasa, 02 November 2021

RPP Kelas 4, 3 November 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : IV

Tema             : 5. Pahlawanku

Sub Tema      : 2. Pahlawan Kebangganku

Semester       : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

PPKn 

1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 

2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila 

3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila 

4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari


Bahasa Indonesia 

3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi. 

4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila kelima Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.



Kegiatan 1

Anak-anak hebat, setelah mengetahuiperjuangan para pahlawan,menurutmu masih adakah tokoh masasekarang yang memiliki jiwa kepahlawanan?

Nah, sekarang coba kita baca kisah Gusnadi Wiyoga yang berprestasi di tengah keterbatasan pada tautan di bawah ini! Kamu juga dapat membacanya pada Buku Siswa Tema 5 halaman 61-62ya!

https://tinyurl.com/2ky5dj3n

Anak-anak hebat, selanjutnya tuliskanlah informasi penting yang terdapat pada teks tersebut, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga?

2.Apa usaha yang Yoga lakukan untuk meraih prestasiitu?

3.Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskanjawabanmu!

4.Apakah sikap Yoga tersebut mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskanjawabanmu!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!



Kegiatan 2

Anak-anak hebat, salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuaidengan sila kelima. Ayo kita pelajari lebih lanjuttentang sila kelima Pancasila dengan menyimak video berikut ini!


Sumber : https://youtu.be/Rl1Ldc0mn2o

Sila-sila pancasila merupakan pedoman bagi bangsa Indoensia. Sudah selayaknya kita sebagai bangsa Indonesia mengamalkan setiap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari.

Nah Anak-anak hebat, berikutnya kerjakanlah soal-soal berikut ini!

1.Amati simbol di bawah ini. Jelaskan arti dari simbol tersebut!


2.Apa hubungan simbol dengan maknanya?

3.Bacalah ilustrasi berikut ini!



Edo, Udin, Lani, dan Siti mendapat tugas kelompok untuk mendiskusikan contoh pengamalan-pengamalan sila kelima Pancasila. Edo, Udin, dan Lani asik mengobrol, sementara Siti mengerjakan tugas kelompok tersebut.

a)Apakah Edo sudah membagipekerjaan secara adil? Jelaskanjawabanmu!

b)Apakah sikap Edo dan teman-temannyamencerminkan silakelima Pancasila? Jelaskanjawabamu!

c)Apa yang akan terjadi jikapada saat kerja kelompok,tugas tidak dibagi secara adil?

Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu: pembulatan hasil pengukuran berat dan membuat lup sederhana. Berikut ini tautan materinya:


Sumber : https://youtu.be/V4mlNm9HOUg

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!! 




Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar