Senin, 01 November 2021

RPP Kelas 6, 2 November 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : 6

Tema             : 5. Wirausaha

Sub Tema      : 2. Usaha di sekitarku

Semester        : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit



Kompetensi Dasar

Matematika 

3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut,dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok. 

4.4 Mengidentifikasi bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut,dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.


Ilmu Pengetahuan Sosial 

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. 

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menghitung luas permukaan bangun ruang kubus ; menjelaskan peran Indonesia dan kerjasama ASEAN dalam bidang ekspor dan impor


Kegiatan 1

Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat. Ananda yang hebat, masih ingatkah kalian ciri-ciri bangun ruang kubus? Tentunya ingat, bukan? Ya, salah satunya adalah mempunyai 6 sisi yang sama. Sisi kubus adalah bagian dari permukaan kubus. Luas permukaan bangun ruang kubus adalah jumlah seluruh permukaan sisi-sisinya. Luas sisi dari kubus adalah s x s . Jumlah sisi pada kubus ada 6, jadi untuk menentukan luas permukaan bangun ruang kubus adalah 6 x s x s . Bagaimanakah cara menghitung luas permukaan bangun ruang kubus? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini.


Sumber : https://youtu.be/-kJCwkuQBPA

Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Ananda yang hebat, belajar matematika tidak sulit asalkan Ananda rajin berlatih dan mengulang pelajaran. Sebagai evaluasi, silakan Ananda Kerjakan soal-soal yang ada bagian akhir video tersebut.

Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya, agar Ananda dapat mengerjakannya dengan benar. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.


Kegiatan 2

Wirausaha adalah seseorang yang berupaya membangun usaha atau lapangan kerja secara mandiri dengan didasari inovasi dan kreativitas yang unik sehingga bisa menghasilkan keuntungan finansial. Contoh wirausaha di sekitar kita: pangkas rambut, bengkel, rumah makan, pedagang, industri kecil dll. Pedagang adalah orang yang berwirausaha dengan menjual produk, baik produk dalam negeri maupun produk yang berasal dari luar negeri kepada konsumen. Salah satu kerjasama di antara negara ASEAN dalam bidang ekonomi adalah kegiatan ekspor dan impor barang. Bagaimana kegiatan ekspor dan impor barang di antara negara ASEAN? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=GaW1xOJhT3k

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Sebagai bahan evaluasi, Jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Sebutkan contoh wirausaha di sekitarmu

2. Sebutkan contoh sumberdaya dan peralatan yang digunakan pada wirausaha toko klontong!

3. Jelaskan pengertian dari ekspor dan impor!

4. Sebutkan contoh komoditas Indonesia untuk negara-negara ASEAN!

5. Sebutkan contoh komoditas impor Indonesia dari negara-negara ASEAN!

6. Apakah kegiatan Ekspor dan Impor bisa menguntungkan Untuk Indonesia? Jelaskan alasanmu!

Kerjakan dengan tekun dan bersungguh-sungguh ya. Bila sudah selesai kirim kepada Bapak/Ibu guru.


Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Namun, hari Jumat nanti, kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu membuat reklame stiker produk. Silakan Ananda pelajari terlebih dahulu pada link berikut


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=qKDfmh73RjE&t=220s

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, Wassalamu alaikum, wr,wb


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar