SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 5 (Pahlawanku)
Sub Tema : 2 (Pahlawanku Kebanggaanku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
MATEMATIKA
3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
4.3 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
IPA
3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.
Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan video penjelasan mengenai pembulatan hasil pengukuran berat, siswa dapat melakukan pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat dengan tepat.
Setelah membuat lup sederhana, siswa dapat menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya dengan tepat.
Kegiatan 1
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah belajar pembulatan hasil pengukuran panjang. Pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat. Konsep pembulatannya masih sama, jika di belakang koma bilangan 0, 1, 2, 3, 4 maka dibulatkan ke bawah, sedangkan jika dibelakang koma bilangan 5, 6, 7, 8, 9 maka dibulatkan ke atas.
Supaya lebih jelas perhatikan video penjelasan berikut ini ya!
Sumber : https://youtu.be/V4mlNm9HOUg
Bagaimana anak hebat, apakah kalian sudah memahami materi tersebut, jika belum paham bisa di tanyakan pada Bapak/Ibu Guru ya!
Supaya kalian lebih paham, silahkan kerjakan soal latihan di bawah ini dengan membulatkan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat!
1). 3,7 kg = … kg
2). 6,8 kg = … kg
3). 9,2 ons = … ons
4). 7,5 ons = … ons
5). 17,4 kg = … kg
6) 78,3 kg = … kg
7). 105,6 gram = … gram
8). 120,4 gram = … gram
9). 39,9 kg = … kg
10). 106,1 kg = … kg
Kerjakan di buku tulismu, jika sudah selesai foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah membuat jam matahari yang merupakan penerapan dari sifat cahaya hanya dapat menembus benda bening dalam kehidupan sehari-hari. Hari ini kita akan membuat lup sederhana yang merupakan penerapan dari sifat cahaya dapat dibiaskan. Apakah kamu tahu apa itu lup? Supaya Ananda memahaminya silahkan perhatikan video tutorial berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/x44yIMJdyTE
Bagaimana anak hebat cukup mudah ya membuat lup sederhana? Silahkan kalian membuat lup sederhana dan uji cobalah untuk membaca tulisan yang berukuran kecil pada buku paketmu.
Selanjutnya buatlah laporan hasil percobaan berdasarkan format yang terlampir pada lampiran!
Selanjutnya kirimkan video/foto lup sederhanamu dan foto laporan hasil percobaan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “Nilai-nilai Pancasila dan teks nonfiksi”.
Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/Iv5iEbCSkxM
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Laporan Kegiatan Percobaan
Membuat Lup Sederhana
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar