SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 3. Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.
SBDP
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
4.1 Membuat karya dekoratif
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran berdasarkan pernyataan yang telah disediakan dengan tepat; peserta didik dapat menjumlahkan dua pecahan dengan penyebut yang sama dengan benar. peserta didik dapat membuat karya dekoratif sesuai contoh dengan kreatif dan menarik.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Pada pembelajaran lalu, kalian sudah mempelajari cara membandingkan dua pecahan baik penyebut sama atau pembilang sama. Ayo, semangat kita akan mempelajari lebih lanjut berkaitan dengan pecahan, mari menyimak video berikut!
Sumber : https://youtu.be/0FW4Vym2DIU
Bagaimana, sudah tahudan memahaminya kan nak?
Jika belum paham, kalian bisa
bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.
Setelah menonton video,
kerjakan latihan soal menjumlahkan dua pecahan berpenyebut sama di bawah ini!(Terlampir)
Kerjakan di buku tulismu,
tentunya dengan teliti dan cek kembali ya sebelum di laporkan kepada Bapak/Ibu
guru.
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru.
Selamat mengerjakan anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Kalimat saran dapat muncul setelah ada kalimat masalah. Pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah banyak mempelajari mengenai kalimat saran, baik melalu teks maupun video. Untuk mengetahui tentang kalimat saran kembali mari kita simak video berikut yuk!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=UcL_Snm0US4&t=8s
Selanjutnya, jawablah
pernyataan berikut, untuk menentukan kalimat sarannya!
1.Lani
mempunyai tetangga baru. Lani belum mengenalnya. Apa saranmuuntuk Lani?
2.Tetangga
Lani baru saja menempati rumah barunya. Dia belum berkenalan dengan
tetangganya. Apa saranmu untuknya?
3.Lani
harus dapat memulai perkenalan. Lani belum tahu cara memulai perkenalan. Apa
saranmu?
4.Lani bertemu dengan ibu Dayu di jalan. Apa yang seharusnya Lani lakukan?
Kerjakan di buku tulismu ya!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu
guru.
Gambar dekoratif adalah gambar
dengan corak dekor atau hias. Pada video di atas kalian sudah melihat dan
memahami gambar dekoratif.
Nah sekarang, buatlah gambar
sesuai dengan gambar contoh pada video dengan kreatif dan menarik. Kerjakan
pada buku tulis atau buku gambarmu!
Jangan lupa untuk memfoto dan
mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai jumpa
besok!
#salamsehat#salamkompak#PHBS
Lampiran Matematika
Kerjakan latihan soal berikut!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar