Selasa, 02 November 2021

RPP Kelas 3, 3 November 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : III

Tema             : 4. Kewajiban dan Hakku

Sub Tema      : 3. Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Semester       : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 

3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis. 

4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.


Matematika 

3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan. 

4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.


SBDP 

3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif 

4.1 Membuat karya dekoratif


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran berdasarkan pernyataan yang telah disediakan dengan tepat; peserta didik dapat menjumlahkan dua pecahan dengan penyebut yang sama dengan benar. peserta didik dapat membuat karya dekoratif sesuai contoh dengan kreatif dan menarik.



Kegiatan 1

Haiii,...

Assalamualaikum, selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️

Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.

Pada pembelajaran lalu, kalian sudah mempelajari cara membandingkan dua pecahan baik penyebut sama atau pembilang sama. Ayo, semangat kita akan mempelajari lebih lanjut berkaitan dengan pecahan, mari menyimak video berikut!


Sumber : https://youtu.be/0FW4Vym2DIU

Bagaimana, sudah tahudan memahaminya kan nak?

Jika belum paham, kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.

Setelah menonton video, kerjakan latihan soal menjumlahkan dua pecahan berpenyebut sama di bawah ini!(Terlampir)

Kerjakan di buku tulismu, tentunya dengan teliti dan cek kembali ya sebelum di laporkan kepada Bapak/Ibu guru.

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Selamat mengerjakan anak-anak hebat!



Kegiatan 2

Kalimat saran dapat muncul setelah ada kalimat masalah. Pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah banyak mempelajari mengenai kalimat saran, baik melalu teks maupun video. Untuk mengetahui tentang kalimat saran kembali mari kita  simak video berikut yuk!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=UcL_Snm0US4&t=8s

Selanjutnya, jawablah pernyataan berikut, untuk menentukan kalimat sarannya!

1.Lani mempunyai tetangga baru. Lani belum mengenalnya. Apa saranmuuntuk Lani?

2.Tetangga Lani baru saja menempati rumah barunya. Dia belum berkenalan dengan tetangganya. Apa saranmu untuknya?

3.Lani harus dapat memulai perkenalan. Lani belum tahu cara memulai perkenalan. Apa saranmu?

4.Lani bertemu dengan ibu Dayu di jalan. Apa yang seharusnya Lani lakukan?


Kerjakan di buku tulismu ya!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.

Gambar dekoratif adalah gambar dengan corak dekor atau hias. Pada video di atas kalian sudah melihat dan memahami gambar dekoratif.

Nah sekarang, buatlah gambar sesuai dengan gambar contoh pada video dengan kreatif dan menarik. Kerjakan pada buku tulis atau buku gambarmu!

Jangan lupa untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.

https://tinyurl.com/k6kz5kxs

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

#salamsehat#salamkompak#PHBS


Lampiran Matematika

Kerjakan latihan soal berikut!




Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar